Selasa, 13 November 2012

Pengertian Ensilkopedi

Ensiklopedi
 
Ensiklopedi adalah koleksi rujukan yang berisi informasi atau uraian ringkas tentang berbagai hal atau ilmu pengetahuan, yang disusun secara alfabetis atau sesuai urutan subjeknya. Sebuah ensiklopedi umum biasanya memuat informasi dasar tentang semua bidang ilmu pengetahuan, sering disertai dengan bibliografi, memuat informasi ringkas tentang tanggal lahir dan tanggal meninggal orang-orang terkenal, memuat informasi tentang sejarah. Ruang lingkup yang demikian luas ini menjadikan
ensiklopedi sebagai bahan rujukan yang ideal dalam menjawab pertanyaan pemakai. Di samping ensiklopedi yang bersifat umum seperti di atas, ada pula ensiklopedi
khusus yang memuat informasi mengenai bidang ilmu pengetahuan tertentu. Bibliografi pada akhir setiap artikelnya sering dapat membantu pembaca untuk mencari bahan informasi tambahan tentang bidang yang dibahas.
Ensiklopedi ini termasuk penerbitan perantara sehingga tidak ada satu ensiklopedi pun yang dapat dijadikan sumber bacaan untuk mendukung suatu penelitian. Ensiklopedi hanya dijadikan sebagai batu loncatan untuk mencari informasi yang lebih akurat dan mutakhir. Pada umumnya ensiklopedi disusun menurut abjad dan dilengkapi dengan sebuah indeks.
Ensiklopedi memuat pokok-pokok bahasan secara rinci, dapat terdiri dari beberapa jilid atau bahkan ada pula yang terdiri dari satu jilid kebanyakan ensiklopedi menerbitkan secara teratur buku tahunan, yang biasanya memuat informasi-informasi mutakhir.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih ensiklopedi yang baik, yaitu:
a. Bagaimana kemampuan (otoritas) dalam penyusunannya
b. Bibliografi. Apakah ada bibliografi yang mengikuti setiap akhir artikel atau bibliografi itu dikumpulkan tersendiri sebagai dasar atau sumber dalam menyusun ensiklopedi tersebut.
c. Susunan. Apakah ensiklopedi tersebut disusun secara sistematis, misalnya disusun menurut subjek, menurut abjad dan sebagainya; apakah disertai dengan indeks sehingga memudahkan dalam pencarian entri-entrinya.
d. Format atau bentuk luarnya. Bagaimana bentuk luar dari ensiklopedi tersebut, dicetak dengan kertas apa, bagaimana penjilidannya.
e. Apakah ada revisi tahunan untuk menjaga kesegaran isinya.

Berikut ini ada beberapa contoh ensiklopedi yang bersifat umum.
• The New Encyclopedia Britanica, 15th
ed. Chicago: Encyclopedia Britanica
Inc., 30 Vols.
• The Encyclopedia Americana. New
York: Grolier Inc., 30 Vols.
• Ensiklopedia Indonesia. Bandung: Van
Hoeve, 1948.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar